Taaruf

My photo
Az-Zaqaziq, Ash-sharqiah, Egypt
منيساسزوىن محمدشوكري عبدالله

Sunday, August 29, 2010

malam Lailatul Qadar


Tidak lama lagi kita akan memasuki malam – malam di mana biasa di sebut dengan malam Lailatul Qadar yaitu biasanya akan datang pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ini. Sebuah malam yang begitu dinantikan kedatangannya oleh seluruh umat Muslim yang beriman dan bertaqwa. Malam seribu bulan yang begitu menentramkan dan mensejahterakan jiwa – jiwa suci ini.

Berikut ini menurut Alqur’an dan hadis mengenai keistimewaan malam Lailatul Qadar :

Saudaraku, pada sepertiga terakhir dari bulan yang penuh berkah ini terdapat malam Lailatul Qadar, suatu malam yang dimuliakan oleh Allah melebihi malam-malam lainnya. Di antara kemuliaan malam tersebut adalah Allah mensifatinya dengan malam yang penuh keberkahan. Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ (3) فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ (4)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan [44] : 3-4). Malam yang diberkahi dalam ayat ini adalah malam lailatul qadar sebagaimana ditafsirkan pada surat Al Qadar. Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar [97] : 1)

Keberkahan dan kemuliaan yang dimaksud disebutkan dalam ayat selanjutnya,
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar [97] : 3-5)

sumber:handokotantra.net/keistimewaan-malam-lailatul-qadar.html

masa berlalu dengan begitu pantas...sekarang ni da dekat 10 terakhir ramadhan bagi umat Islam seluruh dunia..terasa sedih ingin meninggalkan bulan penuh kemuliaan ini..
semestinya malam yang ditunggu-tunggu..iaitu malam Lailatul Qadar~~
tentunya bagi orang2 yang beriman dan bertakwa berlumba-lumba untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar~~
malam penuh kemuliaan~~~
semoga rahmat Allah sentiasa bersama-sama kita~~amin~~